Wisata Rafting Di Garut Murah

Bagi Anda yang ingin melakukan aktifitas wisata anti mainstream, di akhir pekan ini Anda bisa mencoba wisata rafting di garut yang pasti akan menjadi pengalaman liburan seru dan tak terlupakan bagi Anda. Untuk Anda yang sebelumnya belum pernah melakukan high risk sport semacam ini wajar bila awalnya Anda merasa khawatir, Wisata Rafting Di Garut Murah tetapi faktanya asalkan kondisi tubuh sehat dan bugar olahraga ini dapat dilakukan siapa saja, bahkan anak-anak. Kuncinya adalah memilih operator rafting yang professional karena penyedia jasa ini hanya akan menggunakan peralatan rafting berstandar internasional serta pemandu-pemandu tersertifikasi.

Wisata Rafting Di Garut Murah

Wisata Rafting Di Garut Murah

Walaupun ada instruktur serta rescue team yang siap menjaga keselamatan dan keamanan peserta saat sedang berarung jeram tetapi Anda harus tahu bagaimana menjaga diri pribadi saat mencoba aktifitas ekstrim ini. Berikut adalah ulasannya.

Mengenakan peralatan dengan benar – Walaupun ini bukan pengalaman pertama Anda berafting ria, tetapi jangan sampai menyepelekan atau menolak mengenakan peralatan keamanan seperti helm dan jaket pelampung. Helm akan melindungi kepala dari benturan dengan tebing sungai atau bebatuan bila misalnya Anda terjatuh, perahu terbalik, atau yang lainnya. Wisata Rafting Di Garut Murah Jaket pelampung harus pas pada tubuh dan pastikan seluruh klip pada pelampung terkait dengan benar. Bila perlu mintalah bantuan staf operator untuk memasangkan pelampung bila Anda tak tahu caranya. Jangan sampai mengenakan pelampung yang kekecilan karena akan membuat Anda sulit bernapas, sementara pelampung yang terlalu besar juga akan menekan leher saat Anda mengapung di air.

Wisata Rafting Di Garut Murah

Wisata Rafting Di Garut Murah

Outfit yang tepat – Jenis pakaian yang disarankan saat wisata rafting di garut adalah yang berbahan bulu mikro, polyester, atau polypropylene yang umum digunakan untuk bahan jersey sepeda atau lari. Bahan-bahan tersebut ringan dan tak mudah menyerap air sehingga Anda bisa bergerak dengan leluasa saat mendayung. Agar kulit tak terbakar, jangan lupa mengoleskan tabir surya dengan SPF yang memadai.

Mendayung dengan benar – Sebelum aktifitas rafting dimulai pemandu akan mengajarkan cara menggunakan dayung dengan benar, mulai dari cara memegangnya hingga mendayung. Peganglah gagang dayung yang berbentuk huruf T dengan satu tangan, sementara tangan yang lain memegang tiang dasar dari dayung. Untuk peserta yang kidal sebaiknya duduk di sebelah kiri perahu dan untuk peserta amatir sebaiknya duduk di baris kedua untuk menghindari kepanikan bila akan melintasi jeram.

Mematuhi instruksi pemandu – Tugas dan tanggungjawab dari pemandu rafting sangat berat yaitu memastikan keamanan dan keselamatan peserta yang dibimbingnya. Inilah sebabnya Anda harus membantu membuat ini menjadi lebih mudah dengan mematuhi instruksinya. Guide yang berpengalaman tentu harus mengenali setiap sisi sungai, misalnya lokasi batu besar di tengah sungai, lokasi air terjun, atau dahan pohon yang menjorok ke sungai.

Karena ia tak dapat mengendalikan perahu karet seorang diri, Anda harus mematuhi instruksinya saat mendayung untuk menghindari perahu tersangkut atau terbalik di tengah sungai. Instruksi-instruksi umum yang akan Anda dengar adalah, maju, mundur, pindah kanan dan pindah kiri yang artinya meminta peserta berpindah ke sisi kanan atau sisi kiri perahu, serta boom, yang artinya segera mengangkat dayung ke perahu, menunduk, dan berpegangan erat.

Jangan melakukan olahraga ini setelah mengonsumsi alcohol – Salah satu faktor yang membuat peserta celaka bisa disebabkan olah kecerobohannya sendiri, misalnya mengonsumsi alcohol sebelum rafting. Tentu saja nalar dan kesadaran yang tak mencapai 100 akan mempersulit yang bersangkutan untuk mengikuti instruksi dengan baik. Wisata Rafting Di Garut Murah Tentu saja instruktur akan melarang peserta yang demikian untuk bergabung walaupun sudah melakukan pembayaran demi keselamatan dirinya sendiri dan tim yang dipimpinnya.

Mengatakan dengan jujur tentang kondisi kesehatan mental – Operator dan guide akan mengalami kesulitan untuk memastikan keamanan dan keselamatan Anda bila sejak awal tak mengatakan dengan jujur riwayat kesehatan Anda. Bila Anda mengalami kecenderungan untuk terserang kepanikan, atau mengidap gangguan stress pascatrauma, katakana kondisi tersebut pada pemandu rafting.

Terjatuh ke sungai – Jangan panic bila terlempar ke sungai karena Anda mengenakan pelampung sehingga tak akan tenggelam. Upayakan saja posisi kaki terlentang dan jangan membelakangi arus. Focus pada kondisi di depan dan angkatlah kaki untuk mengantisipasi bila Anda bertemu dengan batu besar maka kaki akan menahan tubuh Anda dari terbentur batu.

Call Now
WhatsApp